Loading Posts

Kamis, 13 Juli 2023

Cara membuat tabel di komputer dan pengertian Microsoft word

 





Sebelum kita masuk ke tutorial nya alangkah baiknya kita mengetahui apa itu miksorosf word !

Mikrosoft word adalah software yang terkenal di gunakan untuk mengelola kata. Tapi bukan hanya itu di Microsoft word, kamu bisa membuat CV/resume, poster, grafis, dan membuat tabel untuk menyajikan data.

Di Microsoft word kamu juga bisa memodifikasi tabel dengan sesuai keinginan dan kebutuhan seperti: mengubah desain, menambah baris atau kolom, menghapus baris/kolom, atau menyatukan sel.

Ayok, simak cara membuat tabel di word dan cara memodifikasinya 

Cara membuat tabel di word 

Membuat tabel di word juga bisa dilakukan dengan 2 cara, menggunakan insert dan insert tabel. fungsinya sama, tapi langahnya sedikit berbeda.

1. Membuat tabel di word dengan manual insert 

1. Klik menu insert, lalu pilih tabel 

2. Pilih jumlah dan kolom sesuai kebutuhan kamu, kamu bisa memilih jumlah baris dan kolom untuk tabel dengan cara mengarahkan kursor ke barus dan Kom yang sesuai. Nanti akan ada keterangan jumlah baris dan kolom.

2. Membuat tabel di word dengan menu insert tabel

Kamu ingin membuat tabel dengan jumlah dan kolom yang banyak dari 10 x 8 kamu bisa menggunakan menu insert tabel. Jika menu tersebut di klik, akan muncul option box insert tabel. masukan jumlah kolom sesuai kebutuhan, lali klik ok. Selain itu, ada pilihan autofit, dengan fungsi yang berbeda: 

Autofit to content: ukuran kolom tabel akan otomatis mengikuti konten di dalamnya.

Autofit to window: ukuran tabel otomatis mengikuti lebar lembar kerja.


Cara memasukan teks ke dalam tabel

Blok tulisan yang akan di masukan ke dalam tabel 

Klik menu insert, pilih tabel, lalu klik covert text to tabel

3. Isi jumlah kolom dan baris tabel

Nanti akan muncul option box seperti berikut ini. Biasanya, jumlah baris mengikuti jumlah baris tulisan, tapi kamu bisa mengatur jumlah kolomnya. Jika sudah klik ok.